Sm-3T, Prelude


Setelah 5 tahun lebih program ini berjalan, aku berharap kalo uda banyak orang yang tau tentang SM-3T, Walopun ternyata kenyataan tak semanis harapan, huhu.
Well, karena dalam Blog ini aku bakal banyak bahas soal SM-3T, jadi aku kasih gambaran dikit tentang SM-3T. Aku tulis SM-3T bukan SM3T ya, kalo SM3T berarti yang 3 kali M nya dong

Apa itu SM-3T? SM-3T adalah kependekan dari Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal. Jadi itu adalah program pemerintah (diprakarsai oleh KEMENRISTEKDIKTI, sekarang jadi KEMENDIKTI, tapi KEMENDIKBUD merasa punya andil juga dalam mengurus proram ini, ya emang ribet kayak hidupmu kan) yang berfokus ngirim sarjana-sarjana pendidikan, S.Pd, ke daerah daerah 3T di Indonesia.
Daerah 3T itu gampangnya adalah kabupaten-kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara lain, jadi kayak misalnya yang ada di pulau Aceh, Kalimantan, Papua, Dll. Ribuan sarjana dikirim tiap tahunnya ke daerah daerah tersebut melalui LPTK dan..... apa? ga tau apa itu LPTK? LPTK itu singkatan dari Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan. Jadi pemerintah bekerja sama dengan beberapa LPTK alias kampus kampus buat ngirim lulusan mereka ke daerah 3T buat jadi guru disana selama 1 tahun. Jujur aja awalnya aku juga ngerasa kalo setahun itu lama tapi setelah dijalani setahun malah rasanya kurang, hehe

Tentu aja ga sembarang orang bisa ikut program ini, jadi ada syarat-syarat dan tes tes yang harus dilewati para calon peserta sebelum bisa ikut program ini. Ya semoga itu udah cukup buat ngasih gambaran tentang SM-3T nya, dikit juga gapapa deh, hehe
kalo mau lebih lengkap boleh dicek di webnya.

Comments

Popular Posts